Thursday, March 24, 2011

Flasher

Flasher, asal kata dari Flash menurut kamus sih kilat. Flasher alat yang bisa menghasilkan kilat, masa sih?
Mungkin dinamakan flasher dikarenakan alat ini yang dapat menghasilkan lampu sein berkedip layaknya sebuah kilat.

Flasher merupakan sebuah alat penunjang keselamatan kendaraan bermotor dimana fungsi flasher untuk menyambung dan memutuskan tegangan listrik ke lampu sein secara periodik sehingga menghasilkan kedipan sebuah lampu, sehingga pengemudi di sekitar kendaraan kita akan akan mengetahui arah kendaraan kita selanjutnya.

Untuk menghasilkan kedipan ini dapat dilakukan oleh sebuah flasher dengan berbagai cara, diantaranya dengan sistem panas atau thermal yang disebut flasher thermal dan sitem relay. Untuk jenis relay ada yang semi elektronik dan full elektronik.
Sistem panas (Flasher Thermal).
Sistem ini bekerja dengan memanfaatkan pemuaian suatu lempengan logam yang dipanaskan oleh suatu resistan (tahanan) kabel pemanas. Suatu logam yang di panaskan akan memuai, pemuaian ini akan menghubungkan kontaktor pada flasher sehingga arus ke
lampu sein akan mengalir. Seiring hal ini proses pendinginan logam yang di panaskan akan terjadi yang mengakibatkan pemuaian logam akan kembali ke asal dan memutuskan kontaktor sehingga tegangan ke lampu sein akan terputus seiring ini pula pemanasan pada logam terjadi lagi dan memuaikan lempengan logam dan tegangan mengalir kembali ke lampu sein. Hal ini terus berlangsung secara kontinyu dan periodik.
howstuffworks.com
Sistem Relay
Flasher jenis ini memanfaatkan sistem kerja sebuah relay, ada dua jenis flasher relay ini semi elektonik dan full elektronik.
Untuk yang semi elektronik isi dari flash relay seperti tampak di gambar di bawah ini.
Gambar flasher semi elektonik
Komponen elektronik hanya terdiri dari 1 buah kondensator dan 1 buah resistor. Fungsi dari kondensator untuk menyimpan tegangan sementara agar saat lampu sein menyala ada jeda waktu untuk mati setelah tegangan ke relay terputus. Hal inimengakibatkan lampu sein ada jeda menyala beberapa saat.
Sedangkan flasher yang full elektonik lama waktunya relay menghubungkan tegangan ke lampu diatur oleh suatu rangkaian timer, seperti yang di tunjukkan gambar di bawah ini.

3 comments: